Saturday, June 5, 2010

Sayur Asem..

Pengalaman bikin sayur ini rada heboh karena bolak-balik dicicipi..Kurang asem tambah asem, eh jadi keaseman..jadi ditambah gula pasir untuk menetralisir. Udah gitu masukin sayurannya kudu pas timingnya, biar lunaknya harmonis. Aku pas pertama bikin malah kacang panjangnya masih terasa renyak kayak lalapan gitu, kurang lama merebusnya… Tapi setelah terus dicoba, akhirnya bisa juga dapat tingkat kematangan sayur yang pas menurut seleraku dan partner hidupku;)

Oh ya, bumbu sayur asem ada yang pake bumbu halus, ada juga yang pake bumbu iris. Kayak aku yang males nguleg or ngeluarin blender ya diiris tipis-tipis aja..




Bahan :

1 ikat kecil Kacang Panjang

1 buah labu siam atau timun krai kalo gak ada labu siam

2 buah jagung muda or jagung manis (bisa juga pake baby corn)

1 genggam taoge

1 genggam kacam tanah kupas (redam air panas)

1 buah tomat kecil dipotong jadi 4

1 tangkai seledri diiris kasar

2 buah daun salam

Bumbu Iris :

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 sdm asam jawa (seduh dengan sedikit air panas)

1 ruas lengkuas, digeprek.

Garam dan gula secukupnya (kalo mau ditambah kaldu instan juga boleh)

Cara :

- Potong-potong sayuran sesuai selera

- Didihkan air, masukkan bumbu irisnya dan daun salam. Biarkan hingga mendidih lagi

- Masukkan sayur-sayuran, dimulai dari yang paling lama lunaknya trus berturut-turut diikuti yang lebih mudah lunak setelah sayuran sebelumnya setengah lunak ( jagung, labu siam, kacang panjang, kacang tanah, taoge, tomat, trus seledri)

- Masak hingga matang, angkat, biarkan uap panas berkurang dulu baru hidangkan.



Catatan :

- Beberapa versi sayur asem ada yang pake kemiri dan cabe merah besar, aku pernah coba..enak juga kok, tapi kuah jadi rada buthek gak bening kayak bumbu iris. Ada juga yang plus sedikit terasi bakar, tapi aku belum pernah coba masak yang versi ini.

- Sayurannya boleh apa aja sesuai selera, ada yang pake kangkung (aku gak pake karena gak terlalu suka kangkung), pake nangka muda, kulit dan daun melinjo, juga ada yang pake tulangan daging sapi juga..

No comments:

Post a Comment