Friday, September 17, 2010

TUMIS PAKIS

Lamaa banget pengen makan masakan ini, sayangnya..di madiun susah banget dapat pakis. Di pasar ga ada yang jual, ada sih di Carrefour tapi mahal..9ribu'an dapat satu ikat kecil banget (paling cuma isi 7 batang). Padahal di Jember dan Surabaya dulu murah banget, duit 2500 rupiah udah dapet berikat-ikat. Nah, mumpung lebaran mudik ke jember pas musim turun hujan pula..maka disempatkan borong pakis yang lagi musim juga. Tapi karena masih suasana lebaran, jadi belum banyak pedagang di pasar. So, pakisnya juga ga banyak pilihan (biasanya aku cuma mau yang full mlungker alias benar-benar masih muda) Akhirnya, diterima saja pakis yang satu ikatnya isinya campuran yang mlungker dan yang udah mekar. Yaah, daripada ga ada.. Balik ke Madiun, langsung deh dimasak.. Karena bawanya rada banyak, jadi sekalian dibagikan ke ibu mertua dan bulik dari Jombang..
Waah, selanjutnya pengen belajar bikin gulai pakis juga aah.. Tapi nunggu impor pakis dari jember datang lagi ;p




Bahan :
5 ikat kecil Pakis, cuci trus potong serasi
3 siung bawang putih, geprek
4 siung bawang merah, iris tipis
2 buah cabe merah besar, iris serong
2 sdm teri nasi, cuci trus goreng
1 sdm saos tiram
3 sdm minyak goreng
garam, gula pasir, dan air secukupnya

Cara :
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih sampai harum. Masukkan bawang merah dan cabe, tumis sampai bau harum juga.
2. Tambahkan garam, gula dan sedikit air. Didihkan
3. Masukkan pakis, kemudian teri goreng. Aduk rata
4. Setelah matang, angkat dan sajikan..

Psst, bumbu untuk masak tumis pakis bisa suka-suka kok.. Di rumah mertua biasanya Ibu lebih suka pake bawang putih yang diuleg halus dengan merica, trus tambah garam dan gula. Gitu aja, tapi bikinnya rada berkuah gitu. Iyuk di rumah Mama malah suka nambahin terasi, lengkuas dan daun salam kalo bikin tumis pakis, pake cabe rawit iris juga biar lebih pedas (sayang sakit maag-ku lagi kumat, jadi ga pake cabe rawit deh..T_T )

No comments:

Post a Comment