Thursday, October 7, 2010

SAYUR BENING BAYAM

Masakan tersimpel (menurutku).. Biasanya, saat kecil dulu, kalo pas sakit..Mama suka masakin sayur ini. Mungkin karena masaknya cepat jadi praktis, waktu yang ada bisa digunakan untuk merawatku ;p 

    Walaupun gampang banget bikinnya.. Tapi baru setelah menjelang menikah, aku memasak sayur ini untuk pertama kalinya.. Setelah menikah, sempat bingung juga..karena di daerah rumah mertua, orang-orang biasa memasaknya tanpa temu kunci..tapi pake daun kemangi. Pas kost dulu pernah sih, ada temen yang masak sayur bening bayam dicampur kemangi juga...tapi tetap pake temu kunci. Mo beli di warung, ibu penjual bingung karena mereka ga biasa jual temu kunci dengan satuan ons, gram, or kg.. Adanya udah kumpulan empon-empon dibungkus plastik bening, isinya serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas, kunyit, kencur, dan jahe..kadang ada temu kuncinya, kadang juga nggak :( Sebagai warga baru, aku belum pernah belanja ke pasar..jadi ga tau juga cari temu kunci dimana... Eh, ternyata di kebun belakang rumah mertua ada banyak tanamannya ^_^ Jadi penuh suka cita begitu tau.. 

Tapi itu dulu, sekarang mah udah bisa ke pasar..belanja sendiri tanpa tutorial ;p Jadi juga udah bisa beli temu kunci sebanyak yang aku mau :D

Sayur bening bayam ini, enak dinikmati  pas udah dingin...berasa segeeeerr banget. Masaknya harus sekali abis, karena ga boleh diangetin.. (aturan memasak bayam).





Bahan :
1 ikat bayam, siangi
1 buah gambas kecil, kupas, potong-potong
1 ikat kecil kemangi (optional sih, kadang aku pake..kadang juga nggak)
Garam dan gula pasir secukupnya
Air secukupnya juga (tergantung banyak kuah yang qta mau ;)

Bumbu :
3 buah bawang merah, iris tipis
1 buah tomat ukuran sedang, iris sesuai selera (aku ga pake karena pas ga ada stock tomat di kulkas)
1 ruas temu kunci, digeprek
Cara :
  1. Didihkan air, masukkan bawang merah, kemudian temu kunci. Biarkan sampai mendidih lagi, baru masukkan garam dan gula.. (aku suka yang rada manis, maklum orang jawa..Jadi gulanya bisa 1 sdm )
  2. Masukkan gambas dan tomat (kalo ada dan mau), rebus sampai gambas rada lunak.
  3. Masukkan bayam, sebentar aja (kalo kelamaan, jadi bubur bayam ;)
  4. Setelah matang, angkat..biarkan uap panas hilang baru sajikan.


..Kadang suka bosen ma sayur bening bayam padahal males masak yang ribet-ribet.. Jadinya, dengan bumbu yang sama tapi diganti isi sayurnya..jadilah sayur bening kayak di bawah ini... Dengan sayuran kacang panjang, taoge, jagung, tomat, dan gambas..warnanya jadi lebih cantik dan menggugah selera..:)



..dimaem bareng ikan goreng dan sambel terasi,..wuiiih, suedep dan sueegeeerr tenan.. :D

No comments:

Post a Comment