Wednesday, October 13, 2010

URAP SAYUR

Resep asli sih dari ibu mertua yang ternyata sama dengan versinya Mama, tapi karena para bunda itu pake ilmu kira-kira (ga pake takaran pas), jadilah yang tertulis disini tuh yang kudapat dari tabloid nyata.. Eh, ternyata plek sama dengan resep para bunda ;)



Bahan :
1 ikat Kacang Panjang, potong-potong
1 ikat Bayam (aku pakai sawi, trus irisan timun biar seger)
1 genggam Taoge, siangi
1/4 Butir kelapa setengah tua, parut memanjang

Bumbu halus :
2 buah cabai merah besar
2 buah cabe rawit (boleh ditambah or dikurangi sesuai selera)
1 ruas kencur
3 lembar daun jeruk purut
1 sdt garam
2 sdm gula merah serut
1 sdt air asam kalo suka




Cara Membuat :
1. Rebus taoge dalam air mendidih sampai dirasa matang, angkat, tiriskan. Lakukan hal yang sama pada sayuran lain secara bergantian (bayam, kacang panjang, dll) hingga matang.
2. Bikin sambel urapnya, bumbu halus dicampur dengan parutan kelapa. Aduk rata, kukus selama 15 menit sampai matang biar lebih awet (gak cepet bau). Angkat dinginkan.
3. Campur sayuran rebus dengan sambal kelapa. Sajikan..

Psst :
Kalo berencana langsung dimakan abis, sambelnya boleh gak dikukus kok..fresh gitu aja. Sambel fresh ini juga bisa jadi campuran Trancam Sayuran (urap sayur, tapi sayurnya mentah semua). Sayuran dalam trancam biasanya tuh kacang panjang, mentimun, taoge, kemangi, dipotong kecil-kecil. Trus ditambah tempe yang dipotong dadu (tempe boleh dikukus atau digoreng). Nah, tempenya diganti suwiran ayam yang udah mateng (misalnya ayam goreng ungkep or ayam bakar) juga tambah nikmat..
Ini nih, penampakan Trancam Sayurannya..





No comments:

Post a Comment